Minum Obat Covid-19 Unair, Pasien Secapa AD Sembuh

Minum Obat Covid-19 Unair, Pasien Secapa AD Sembuh

JAKARTA - Hasil uji klinis menunjukkan bahwa obat Covid-19 buatan Universitas Airlangga (Unair) siap dipakai kepada pasien yang tertular virus SARS-CoV-2. Baik yang masuk kategori ringan, sedang, maupun berat.

Namun, ada satu catatan: obat Covid-19 itu tidak cocok untuk pasien yang sudah ditangani menggunakan ventilator atau alat bantu pernapasan. Untuk diproduksi secara masal, Unair, TNI-AD, dan BIN tinggal menunggu izin produksi dan edar dari BPOM.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa juga berharap upaya Unair, TNI-AD, dan BIN mendapat dukungan. Dengan begitu, produksi masal obat tersebut bisa dilakukan.

Wakil Ketua Komite Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional itu mengungkapkan, Menteri BUMN Erick Thohir sudah mengetahui keberadaan obat Covid-19 yang diumumkan kemarin. ”Dan, beliau mendukung proses produksinya,” ungkapnya.

Andika menyatakan, timnya terbuka bila ada pihak-pihak lain yang ingin membantu memproduksi obat tersebut. Termasuk perusahaan non-pelat merah atau swasta. Dia yakin urusan izin produksi dan izin edar segera tuntas.

Rabu (19/8) pihaknya bakal bertemu ketua BPOM untuk membahasnya. Menurut dia, BPOM turut mengikuti tahap uji klinis di Secapa.

Salah satu bukti nyata, keberhasilan TNI-AD menyembuhkan seribu lebih pasien Covid-19 dalam tempo kurang lebih sebulan. Di antara total 1.308 pasien Covid di klaster Secapa, 754 pasien dinyatakan sembuh. (yud/JP)

https://www.youtube.com/watch?v=Q09SuGZA0zc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: